Materi Pengantar Bisnis, Perusahaan dan Lingkungannya, Badan Usaha, Wirausaha dan Franchising, Manajemen Perusahaan, Fungsi Perusahaan

Materi Pengantar Bisnis


  • Perusahaan dan Lingkungannya
  • Badan Usaha
  • Wirausaha dan Franchising
  • Manajemen Perusahaan
  • Fungsi Perusahaan

Perusahaan
  • Suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang & jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan & memuaskan kebutuhan masyarakat.
  • Tanah dan Sumber Daya Alam
  • Tenaga Kerja
  • Modal
  • Skill (kewirausahaan)
Tujuan Perusahaan
  • Tujuan Ekonomis
  • Tujuan Sosial
Perusahaan sebagai suatu Sistem

Sistem :
  • Sistem adalah kesatuan atau unit yang terdiri dari sub-sub unit yang saling berkerjasama atau saling mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung dalam mencapai tujuan tertentu. 
Sifat Sistem Perusahaan
  • Kompleks
  • Satu Kesatuan
  • Berjenis
  • Saling bergantung
  • Dinamis
Lingkungan Perusahaan
  • Lingkungan Umum
  • Lingkungan Khusus
Lingkungan Umum
  • Politik
  • Hukum
  • Sosial
  • Perekonomian
  • Kebudayaan
  • Pendidikan
  • Teknologi
  • Demografi
Lingkungan Khusus
  • Suplier
  • Konsumen
  • Pesaing
Pertanggung Jawaban Perusahaan, kepada:
  • Investor
  • Tenaga Kerja
  • Konsumen
  • Perantara
  • Pemerintah
  • Penyedia
  • Pesaing
  • Lembaga Penelitian
  • Lingkungan

BADAN USAHA


Bentuk – bentuk Badan usaha memiliki perbedaan karakteristik seperti:
  • Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha
  • Besarnya resiko kepemilkikan
  • Batas-batas pertanggungjawaban hutang-hutang perusahaan
  • Cara pembagian keuntungan
Bentuk-Bentuk Badan Usaha
  • Perusahaan Perseorangan
  • Perseroan Komanditer
  • Perseroan Terbatas
  • Badan Usaha Milik Negara
  • Koperasi
Perusahaan Perseorangan

Adalah perusahaan yang dikelola dan diawasi  oleh satu orang

Kelebihan Perusahaan Perseorangan
  • Mudah dibentuk dan dibubarkan
  • Bekerja dengan sederhana (relatif)
  • Pengelolaannya sederhana (relatif)
  • Tidak perlu kebijakan pembagian laba
Kelemahan Perusahaan Perseorangan
  • Tangung jawab tidak terbatas
  • Kemampuan manajemen terbatas (relatif)
  • Sumber dana terbatas pada pemilik
  • Resiko kegiatan perusahaan ditanggung sendiri 
Perseroan Komanditer

Adalah persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang (sekutu) yang menyerahkan dan mempercayakan uannya untuk dipakai dalam persekutuan.
Sekutu dalam Perseroan Komanditer dibagi menjadi dua:
- sekutu komplementer
- sekutu komanditer

Sekutu Komplementer CV:
Orang yang bersedia memimpin pengaturan perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas kekayaan pribadinya.

Sekutu Komanditer CV:
Sekutu yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut.

Kelebihan Perseroan Komanditer
  • Modal yang dikumpulkan relatif lebih banyak
  • Kemampuan untuk memperoleh kredit lebih besar
  • Manajemen dapat didiversifikasikan
  • Kesempatan untuk berkembang relatif lebih besar
Kelemahan CV:
  1. Tanggug jawab tidak terbatas (bagi sekutu komplementer)
  2. Kelangsungan hidup relatif kurang terjamin
  3. Relatif sulit untuk menarik kembali investasinya
Perseroan Terbatas
Adalah suatu badan usaha yang mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan, hak, serta kewajiban para pendiri maupun para pemilik.

Kebaikan PT :
  • Kelangsungan hidup perusahaan relatif terjamin
  • Terbatasnya tanggung jawab, sehingga tidak menimbulkan resiko bagi kekayaan pribadi maupun kekayaan keluarga pemilik
  • Saham dapat diperjual belikan dengan relatif mudah
  • Kebutuhan modal yang lebih besar akan lebih mudah dipenuhi, sehingga memungkinkan perluasan-perluasan usaha
  • Pengelolaan perusahaan dapat dilakukan dengan lebih efisien
Kelemahan PT:
  • Rahasia tidak terjamin
  • Kurangnya hubungan yang efektif antara pemegang saham.
Sifat PT
  • PT Terbuka
  • PT Tertutup
BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Adalah semua perusahaan dalam bentuk apapun dan bergerak dalam bidang usaha apapun yang sebagian atau seluruh modalnya merupakan kekayaan negara.
Contoh: Pelindo III, Garuda Indonesia, Indosat, Telkom, dll

Koperasi

Adalah suatu bentuk badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan.

Prinsip Koperasi
  • Keangotaan bersifat sukarela
  • Pengelolaan dilakukan secara demokratis
  • Pembagian sisa hasil usaha dilakukan  berdasarkan jasa masing-masing anggota
  • Kemandirian
Ciri tersendiri koperasi dibanding bentuk usaha yang lain:
  • Lebih mementingkan keangotaan
  • Anggotanya bebas keluar masuk
  • Merupakan badan hukum yang menjalankan usaha untuk kepentingan anggota
  • Kekuasaan tertinggi di dalam rapat anggota
Lembaga Keuangan
  • Bank
  • Lembaga keuangan bukan bank
BANK

Bank adalah badan usaha yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Peranan Bank

Dalam Negeri : Memenuhi kebutuhan ekonomi dalam bentuk penyediaan dan pengelolaan uang, yang antara lain meliputi administrasi keuangan, perdagangan, perkreditan, kiriman uang dan pengawasannya

Luar Negeri : Jembatan dalam lalu lintas devisa, moneter, dan perdagangan, pariwisata, dan transfer uang.

Lembaga Keuangan Bukan Bank
Merupakan badan yang melakukan kegiatan dibidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun serta memberikan pinjaman jangka menengah (1-5 th) dan jangka panjang.

Jenis-jenis lembaga Keuangan bukan Bank
  • Sewa Guna Usaha (Leasing)
  • Lembaga Pembiayaan Konsumen
  • Kartu Kredit
  • Pialang Saham
Penggabungan Perusahaan

Bentuk-bentuk Penggabungan:
  • Penggabungan Vertikal-Integral
  • Penggabungan Horisontal -Pararelisasi
Penggabungan Vertikal-Integral

Merupakan bentuk penggabungan antara perusahaan yang dalam kegiatannya memiliki tahapan produksi berbeda.

Penggabungan Horisontal-Pararelisasi
Bentuk Penggabungan anara dua atau lebih perusahaan yang berkerja pada jalur atau tingkat yang sama, Penggabungan ini bisa jadi untuk aliansi strategi atau untuk menekan persaingan.
Istilah – Istilah Lain dalam Penggabungan Perusahaan
  • Holding Company
  • Kartel
  • Joint Venture
  • Trade Association
  • Akuisisi
Holding Company
Yaitu perusahaan yang berbentuk corporation yang menguasai sebagian besar saham dari perusahaan lain dalam hal ini status perusahaan lain akan menjadi anak perusahaan dan kebijakan perusahaan dipengaruhi oleh perusahaan induk (holding).

Kartel
Merupakan bentuk kerja sama perusahaan yang didasarkan atas perjanjian bersama untuk mengurangi persaingan.

Bentuk kartel :
Kartel harga, kartel produksi, kartel daerah.

Joint Venture
Merupakan perusahaan baru yang didirikan atas dasar kerjasama antara beberapa perusahaan yang berdiri sendiri.

Trade Association
Merupakan persekutuan beberapa perusahaan dari suatu cabang perusahaan yang sama dengan tujuan memajukan para anggota.

Akuisisi
Merupakan pengambil-alihan sebagian saham perusahaan oleh perusahaan lain dan perusahaan yang mengambil alih menjadi holding sedang perusahaan yang diambil alih menjadi anak perusahaan.

KEWIRAUSAHAAN

Adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil.

Unsur-unsur penting yang dibutuhkan seorang Wirausahawan untuk berhasil :

Unsur Pengetahuan : Tingkat penalaran yang dimiliki seseorang.

Unsur Ketrampilan :  Diperoleh melalui latihan & pengalaman kerja nyata.

Unsur Sikap Mental : Menggambarkan reaksi sikap & mental seseorang ketika menghadapi suatu situasi.

Unsur Kewaspadaan : Merupakan paduan antara unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan di masa yang akan datang.

Sikap Mental yang dibutuhkan seorang Wirausaha:
  • Memiliki emosi untuk emmbayangkan keberhasilan tujuan usahanya
  • Berani mengambil resiko
  • Gigih dalam berusaha
  • Bersemangat gesit dalam beusaha
  • Percaya pada diri sendiri
  • Berusaha meningkatkan pengetahuannya
  • Memiliki kemampuan untuk memimpin
  • Inovator
Fungsi yang dilakukan seorang Wirausaha
  • Mengidentifikasikan kesempatan
  • Mengumpulkan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya
  • Menarik investasi (dana) baik dari perorangan maupun lembaga keuangan
  • Melaksanakan Operasional Produksi atau Jasa
  • Menanggung Resiko
Kewirausahaan dapat dimulai melalui beberapa cara:
  • Meneruskan usaha orang tua
  • Membeli perushaan yang telah dibangun
  • Memulai sendiri perusahaan baru
  • Membeli hak Lisensi
Franchising (Waralaba)
Merupakan perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan atau jasa.

Franchisor dan Franchisee
Franchisor : Pihak yang menjual Lisensi
Franchise : Pihak yang membeli Lisensi

Contoh-contoh Franchise:
  • Toko  Swalayan Indomaret
  • Toko Swalayan Alfa Mart
  • Kebab Turki Baba Rafi
  • Roti Maryam
  • Multiplus
  • Java Net CafĂ©
  • Sekolah Musik Purwacaraka
  • ILP
  • English First
  • Bakso Kota
  • Es Teler 77, dll
  • Pengalaman & Faktor sukses
  • Brand dan Reputasi
  • Standarisasi Mutu
  • Bantuan Manajemen & Teknik
  • Perlindungan Wilayah
  • Memperoleh manfaat market riset & product development
  • Sistem Operasional terstandar
  • Resiko gagal lebih kecil
Bantuan yang diberikan Franchisor:
  • Pelatihan Manajemen & Rekruitment karyawan
  • Pemilihan & Pengkajian Lokasi
  • Rancangan fasilitas & Rencana Bangunan
  • Dukungan promosi
  • Spesifikasi peralatan produk
  • Bantuan pada pembukaan franchise
  • Monitoring
website waralaba :
  • www.waralabaku.com
  • www.majalahfranchise.com
  • www.ukmku.com
Manajemen Perusahaan

Definisi Manajemen:
- sebagai suatu proses
- sebagai suatu seni

Fungsi Manajemen
  • Planing
  • Organizing
  • Actuating
  • Controling
Perencanaan

Merupakan suatu proses pemilihan kegiatan/ sekumpulan kegiatan dan keputusan selanjutnya, mengenai apa yang harus dulakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa suatu kegiatan tersebut dilakukan.

Empat tahap perencanaan
  • Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
  • Merumuskan keadaan aat ini
  • Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan
  • Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan

Manfaat Perencanaan
  • Memberikan arah dan tujuan bagi organisasi
  • Sebagai pedoman untuk mengevluasi pelaksanaan kegiatan
  • Mengurangi resiko karena ketidakpastian atau perubahan dimasa yang akan datan
  • Membantu memperkirakan peluang dimasa yang akan datang
  • Efisiensi biaya

Pengorganisasian
Merupakan suatu proses menciptakan hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada tujuan

Pengarahan
Adalah tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota organisasi melakukan kegiatan yang sudah ditentukan kearah tercapainya tujuan

Pengendalian
Merupakan aktivitas untuk menemukan, mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan.

Ketrampilan Relatif yang dibutuhkan Manajer
Technical Skill
Human Relation Skill
Conceptual Skill

Pemasaran
Adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain

Key word definisi pemasaran tsb diatas:
  • Kebutuhan
  • Keinginan
  • Permintaan
  • Produk
  • Nilai 
  • Hubungan

Manajemen Pemasaran
Analisis, perencanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.

Falsafah Manajemen Pemasaran
  • Konsep Produksi
  • Konsep Produk
  • Konsep Penjualan
  • Konsep Pemasaran
Proses Pemasaran
Pengukuran dan Peramalan Permintaan
Segmentasi Pasar
Penetapan Pasar Sasaran
Penentuan Posisi Pasar

Pengukuran dan peramalan Permintaan

Mengestimasi  besarnya pasar sekarang dan waktu yang akan datang

Meliputi: 
identifikasi produk pesaing
Identifikasi volumen penjualan sekarang
Menentukan apakah pasar sudah cukup besar
Potensi pertumbuhan pasar

Segmentasi Pasar
Pemasar harus menentukan segmen mana yang menawarkan kesempatan terbaik untuk perusahaan mencapai sasarannya.

Segmentasi Pasar:
Faktor Geografik
Faktor Demografik
Faktor Psikografik
Faktor Perilaku

Segmen Pasar
Adalah kelompok konsumen yang memberikan tanggapan dengan cara yang sama terhadap seperangkat rangsangan pemasaran.

Penetapan Pasar Sasaran
Mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih segmen untuk dilayani.

Perusahaan harus menetapkan segmen sasaran yang dapat menghasilkan nilai pelanggan terbesar dan dapat dipertahankan dari waktu-ke waktu.

Penentuan Posisi Pasar

Posisi suatu produk adalah tempat produk dalam pikiran konsumen relatif terhadap pesaing.

Dalam menentukan posisis produk mula-mula perusahaan harus mengidentifikasi keunggulan-keunggulan kompetitif yang mungkin akan digunakan untuk membangun posisi tersebut.

Jadi penentuan posisi pasar yang efektif berawal dengan pembedaan (pendiferensiasian) atas tawaran pemasaran perusahaan sehingga memberikan kepada konsumen nilai lebih besar daripada tawaran pesaing kepada mereka.

Marketing Mix
Product
Price
Place
Promotion

Product

Keputusan mengenai produk
- Merk, Tanda merk, Merk dagang, Hak Cipta

Keputusan mengenai kemasan
- Kemasan primer, kemasan sekunder, kemasan pengiriman

Harga

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat harga:
- Perekonomian
- Penawaran dan permintaan
- Persaingan
- Daya beli masyarakat
- Pengawasan pemerintah

Beberapa metode penetapan harga
- Cost plus pricing
- Mark Up Pricing
- Penetapan Harga Break Even
- Penetapan Harga dalam hubungannya dengan pasar.

Beberapa strategi penetapan harga
- Penetapan harga psikologis
- Potongan pembelian
- Penetapan harga geografis
- Skiming price

Saluran Distribusi

Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen.

Manfaat Perantara
- Penghubung antara prodesen dan konsumen
- Penyediaan alat dan jasa reparasi
- Penyimpanan produk dalam gudang
- Kegiatan promosi dan penyediaan informasi
- Penyortiran, pembungkusan, dan pengepakan produk.

Tingkat saluran
- Produsen-konsumen
- Produsen-pengecer-konsumen
- Produsen-pedagang besar-penecer-konsumen
- Produsen-agen-pedagang besar-pengecer-konsumen

Promosi
- Periklanan 
- Personal Selling
- Promosi penjualan
- Publisitas

Peranan Promosi
- Memberi informasi
- Membujuk
- Mengingatkan masyarakat akan produk, jasa, atau image perusahaan

Periklanan
Komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga, atau individu.

Media Periklanan
- Surat kabar
- Majalah
- Radio
- Televisi
- Pos
- Sosial Media
- Website

Keputusan tentang Media
- Jangkauan
- Frekuensi
- Pengaruh

Personal Selling
- Persiapan sebelum penjualan (prospecting)
- Penentuan lokasi pembeli potensial
- Pendekatan pendahuluan
- Melakukan penjualan (presentation, handling objection, closing)
- Pelayanan sesudah penjualan

Promosi Penjualan
- Peragaan
- Pameran
- Hadiah
- Contoh barang, dsb

Publisitas
Merupakan sarana promosi melalui media (bersifat berita)

PRODUKSI 

- Produksi
- Manajemen Produksi

Produksi

Suatu kegiatan bisnis yang menggunakan orang dan mesin untuk mengubah material menjadi produk yang dapat dijual.

Dua jenis perusahaan yang memiliki kegiatan seperti ini:
- Processing Company
- Manufacturing Company

Manajemen Produksi
Adalah pekerjaan mengkoordinasi dan mengendalikan semua kegiatan yang diperlukan untuk membuat suatu produk.

Pemilihan Lokasi Pabrik

Pertimbangan pemilihan lokasi pabrik:
1. Proximity
2. People
3. Physical

Proximity
- Dekat dengan Pasar
- Dekat dengan Bahan Baku
- Alternatif Transportasi

People
- Biaya dan Ketersediaan tenaga kerja
- Sikap Masyarakat dan Peraturan

Physical
- Energi
- Pembuangan Limbah
- Air
- Iklim

Komentar