Perlunya Layanan Purna Jual

THE "AFTER SALES SERVICE" (LAYANAN PURNAJUAL)

Pada bagian ini, kita akan mengeksplorasi secara detil tahap Layanan Purnajual dari sales process.

Sebagaimana telah digambarkan dalam bagian terdahulu, banyak sales people yang berpendapat bahwa The “Closing" stage merupakan AKHIR dari "The Sales Process Konsekuensinya, After-Sales Department, Customer Support Department, dan Technical Department. Ini TIDAK SALAH, namun praktik tersebut jelas menciptakan keadaan yang merugikan bagi sales person itu sendiri!

Coba saya tanya Anda, siapa nama sales person yang melayani Anda ketika Anda membeli: sofa yang kini berada di ruang tamu, AC yang ada di rumah Anda, lemari pendingin, mobil, atau rumah Anda? Jika Anda bisa mengingat nama mereka, hal tersebut berarti:

Penjual tersebut adalah seseorang yang telah Anda kenal (teman atau relasi).
Penjual tersebut telah bekerja dengan baik dan Anda kembali mencari mereka ketika melakukan repeat order.
la telah melakukan sesuatu yang berbeda, khusus atau luar biasa sehingga Anda selalu ingat namanya.
Jika Anda tidak dapat mengingat namanya, lantas salah siapakah itu?

Apakah itu salah Anda karena melupakan nama penjual tadi?
Atau apakah itu salah penjual karena tidak berusaha meyakinkan
Anda untuk mengingat namanya?

Sebagai tenaga penjual, bagaimana Anda yakin jika pelanggan masih ingat Anda? Kalau mereka lupa, bagaimana Anda mengharapkan pelanggan akan mencari dan membeli produk Anda lagi? Bagaimana Anda dapat berharap untuk mendapatkan order dari pelanggan itu? Mereka sudah MELUPAKAN ANDA! Siapa yang salah jika mereka sudah melupakan Anda? Ini adalah KESALAHAN ANDA! Mengapa?

Sebab "Anda tidak berusaha melakukan apa pun untuk memberikan service kepada pelanggan Anda setelah ia membeli dari Anda". Pikiran Anda keliru jika setelah pelanggan memberikan order, maka tanggung jawab Anda pun sudah berakhir!

Ingat ini: Jika SETELAH penjualan, pelanggan tidak dilayani dengan baik, berarti Anda sudah menghilangkan kesempatan menjual diri Anda pada pelanggan tersebut.

Oke. Jadi, Anda setuju dengan konsep ini. Apa yang dapat Anda lakukan supaya bisa memberikan lebih dari after-sales service yang biasanya kepada pelanggan sehingga mereka akan mengingat Anda dengan baik dan selalu gembira melakukan repeat order serta rela mereferensikan Anda kepada teman-temannya?

Komentar