aktif, anda, badan, bahan, bergairah, bisnis, bogor, bos, catering, cucian, dalam, dan, dasar, deng

aktif, anda, badan, bahan, bergairah, bisnis, bogor, bos, catering, cucian, dalam, dan, dasar, deng
Pulsa Aktif, Kiat Sukses Bisnis

Peluang Usaha Warung Makan, Hal-hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuka Warung Makan

USAHA WARUNG MAKAN

Mungkin benar kata orang, bisnis makanan tak pernah mengenal krisis. Karena setiap orang meskipun pengangguran tetap membutuhkan makan. Jadi, tidak heran jika di masa krisis yang makin menghimpit ini, para penjual warung makan pinggir jalan masih mampu bertahan, sebagian malah bertambah penghasilannya.

Apa pun bentuk bisnis makanan itu, tetap saja merupakan salah satu jenis peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bagaimana pun kondisinya, semua orang butuh hidup. Untuk hidup mereka perlu makan dan minum. Bisa dikatakan jika usaha warung makan termasuk salah satu peluang usaha dengan pasar yang tidak terbatas. Konsumennya bisa mulai dari mahasiswa, pekerja dan lainnya. Warung makan juga tidak hanya terbatas di sekitar kampus, tapi bisa juga di dekat kawasan perkantoran atau industri di kota Anda. Sehingga sampai kapan pun setiap orang akan terus mencari dan mendatanginya. Apalagi jika warung makan yang akan Anda kelola nantinya sesuai dengan starndar yang ada, mulai dari kebersihan, menu makanan, kenyamanan hingga harga yang relatif terjangkau pada semua kalangan.

Alasan lain kenapa seseorang lebih tertarik membuka usaha warung makan adalah karena warung makan memiliki cash flow harian, sehingga modal yang diputar tidaklah terlalu besar, tapi berpeluang menghasilkan keuntungan sebesar 90 % hingga 100 % per porsinya. Asal dikelola dengan baik, usaha yang tadinya hanya sekadar mencari penghasilan tambahan ini, justru suatu hari nanti malah bisa menjadi usaha utama Anda.

Idealnya warung makan yang akan Anda kelola nantinya akan dijalankan oleh orang lain yang bisa Anda percaya. Hal ini bisa lebih memudahkan Anda karena Anda tidak perlu terjun langsung dalam urusan operasionalnya. Selain itu, Anda pun tidak harus ahli dalam hal masak-memasak. Untuk itu, carilah karyawan yang benar-benar terampil di bidangnya.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha warung makan ini, ada beberapa hal berikut perlu dipersiapkan.

Lokasi

Pertimbangan lokasi juga berpengaruh pada prospek usaha ini. Warung makan yang memiliki lokasi strategis di pinggir jalan yang ramai tentu akan berbeda jika berada di lokasi yang tidak tepat, walaupun keduanya adalah bisnis warung. Tapi jika di sekitar rumah tinggal Anda terdapat rumah kos, perkantoran atau kampus, ini malah bisa menjadi ladang emas Anda. Anda bisa memanfaatkan teras atau garasi rumah sebagai usaha warung makan. Selain bisa menghemat biaya sewa, Anda pun akan lebih mudah mengontrolnya. Hanya saja, Anda harus memikirkan para tetangga, apakah mereka terganggu dengan usaha Anda tersebut? Ada baiknya jika Anda membicarakan rencana usaha Anda kepada pengurus RT atau pihak-pihak yang berwenang.

Kalaupun nantinya Anda ingin menyewa tempat, yang perlu juga diperhatikan adalah apakah ingin mengontrak rumah atau hanya kios? Ini penting untuk memperhitungkan di mana karyawan akan menginap jika didatangkan dari luar kota atau di mana akan memasak? Apakah masak di rumah dan dibawa ke kios atau tempat itu pula sebagai dapur dan warung? Fasilitas yang sudah ada juga perlu dipertimbangkan, apakah ada sumber air, kamar mandi, tempat cuci piring, tempat masak, dan lainnya?

Pelanggan

Terlebih dulu warung makan Anda harus memiliki reputasi, artinya dikenal orang dan punya sesuatu yang membuat orang tersebut senang mampir di warung Anda. Dalam hal ini biasanya yang mereka cari adalah kenyamanan dan dekorasi warung. Tentukan terlebih dulu, apakah akan di desain konvensional dengan etalase dan meja memanjang yang berhadapan atau lesehan? Sesuaikan dengan kondisi lingkungan. Pemilihan yang tepat akan menambah kenyamanan konsumen. Intinya Anda harus membangun reputasi untuk lebih menjual usaha warung tersebut.

Sarana promosi di sini wajib hukumnya. Jangan bosan-bosan untuk menyebar brosur atau katalog menu masakan, memasang spanduk di tempat-tempat yang strategis, sampai bagi-bagi voucher gratis di bulan-bulan tertentu.

Urusan menu juga perlu diperhatihan. Semakin beragam jenis menu yang Anda tawarkan, maka semakin orang berminat untuk datang ke warung Anda. Dengan menyediakan menu beragam, setiap orang bisa berganti menu dan setiap hari bisa menjadi pelanggan. Kalau misalnya setiap jam makan Anda memiliki pelanggan setia 20 orang saja, tentunya 60 menu bisa terserap setiap hari.

Selain menu utama, menu tambahan juga bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan juga menambah keuntungan. Menu tambahan ini bisa berupa variasi minuman seperti soft drink, juice dan lain-lain.

Bagi pelanggan warung yang sebagian besar mahasiswa, harga adalah nomer satu dengan mempertimbangkan rasa. Sedangkan untuk pelanggan kantoran, bisa jadi rasa adalah nomer satu dengan mempertimbangkan harga. Jadi sebaiknya antara harga dan rasa ini harus seimbang. Jika memungkinkan, usahakan warung Anda melayani tidak hanya rasa yang enak tapi juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Hal inilah yang merupakan kunci sukses usaha warung makan.

Perlu juga diperhatikan, menyediakan menu murah meriah dan lezat, akan sangat nikmat bila makan di tempat yang bersih dan rapi. Jadi, jagalah selalu kebersihan, mulai dari makanan, tempat sampai peralatan makan. Pelayanan yang ramah juga akan membuat pelanggan tidak kapok untuk kembali lagi. Untuk itu, penting sekali memperkerjakan karyawan bagian depan yang murah senyum dan berpenampilan rapi.

'Dengan menyediakan menu Beragam, setiap orang Bisa Berganti menu dan setiap Bari Bisa menjadi pelanggan.

Tenaga Kerja

Tenaga kerja yang memegang peran utama di sini adalah "Koki atau tukang masak". Ciri khas rasa pada warung makan Anda nantinya ada di tangan koki tersebut. Jadi, carilah koki yang memiliki cita rasa tinggi. Sesuaikan dengan menu yang akan Anda jual. Jangan lupa sebelumnya untuk menegosiasikan gaji yang diinginkan. Dan untuk membuat mereka betah, ada baiknya memberikan insentif jika penjualan mencapai target.

Jumlah karyawan di sini tidak harus langsung banyak, bisa bertahap sesuai dengan perkembangan warung Anda, misalnya 2-3 orang sudah cukup, nanti jika sudah ramai dikunjungi orang dan Anda mulai kewalahan melayani pelanggan, barulah Anda menambah karyawan lagi. Yang penting karyawan hendaknya orang yang dapat dipercaya, apalagi dengan bisnis makanan.

Membuka usaha warung memang repot. Pagi-pagi harus sudah belanja dan masak. Bahkan bisa jadi siang hari akan menambah masakan atau menghangatkan masakan. Tentunya hal ini akan membuat para karyawan Anda merasakan kelelahan. Apabila kondisi ini terjadi, perlu Anda pikirkan untuk penjadwalan kerja karyawan. Jadwal warung pun harus dijelaskan kepada konsumen. Jangan terkesan kadang buka kadang tutup, tapi sebaiknya pilihlah jadwal tutup yang konsisten.


Modal Usaha

Mencari supplier murah tentu menjadi penting. Dengan supply barang murah, Anda akan mampu menekan harga jual atau mendapatkan keuntungan lebih. Jangan pernah membeli barang murah dengan kualitas jelek. Pilihlah kualitas bagus dengan harga lebih murah. Pencarian bisa dilakukan di pasar, di toko grosir terdekat atau pedagang keliling. Keuntungan pedagang keliling adalah barang di antar ke rumah dan bisa mendapatkan pembayaran tunda. 
Peluang Usaha Warung Makan, Hal-hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuka Warung Makan

0 Response to " Peluang Usaha Warung Makan, Hal-hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuka Warung Makan "