aktif, anda, badan, bahan, bergairah, bisnis, bogor, bos, catering, cucian, dalam, dan, dasar, deng

aktif, anda, badan, bahan, bergairah, bisnis, bogor, bos, catering, cucian, dalam, dan, dasar, deng
Pulsa Aktif, Kiat Sukses Bisnis

Peluang Bisnis Healthy Food Semakin Bergairah

Terus meningkatnya kepedulian masyatakat akan gaya hidup sehat mendongkrak popularitas bisnis healthy food. Bukan hanya semakin dimianti, jumlah pelaku usaha yang sukses di bisnis makanan dan minuman sehat ini pun terus bertambah hingga merambah ke berbagai daerah. Hal ini tak lepas dari permintaan yang semakin meningkat. Ujungnya pundi-pundi pebisnis healthy food pun makin merekah.

Dari hanya melayani 5 orang pelanggan hingga kewalahan menangani permintaan. Omset yang diraih pun mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Nah seperti apa geliat bisnis healthy food yang semakin diminati ini?

Peluang Bisnis Healthy Food Semakin Bergairah
Gaya hidup sehat sepertinya sudah menjadi tradisi baru bagi sebagian besar masyarakat kota besar yang semakin peduli akan kesehatan. Dari yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal, . kembali langsing pasca melahirkan, meriajga asupan makanan karena penyakit tertentu hingga ingin hidup lebih sehat dan bebas dari v berbagai penyakit karena pola makan yang tak terjaga membuat bisnis healthy food semakin diminati.

Seiring sadarnya masyarakat akan pola hidup sehat, rupanya banyak dilirik para pelaku usaha yang ramai-ramai terjun membuka usaha makanan dan minuman sehat. Selain menyajikan berbagai menu sehat yang enak disantap, kreasi makanan dan minumans ehat pun tak kalah variatif dan menggoyang lidah meski dimasak tanpa penyedap rasa, bahkan dimasak dengan api kecil dan hanya direbus 1-2 menit.

Pelaku Bisnis Healthy Food

Menurut pengamat wirausaha, Bambang Wahyu Purnomo kebutuhan makanan dan minuman sehat yang semakin meningkat secara otomatis akan mendorong pelaku usaha terus berkreasi dan menciptakan berbagai keunggulan produk agar produknya diminati konsumen.

Sehat Namun Lezat. Bicara soal rasa, para pelaku usaha makanan dan minuman sehat yang ditemui Peluang Wirausaha berlomba-lomba membuat makanan.yang memiliki cita rasa menggugah selera. Seperti yang dilakukan,

Maria dan Leonardo, Pemilik Fit n Fun Catering yang melakukan modifikasi pada produk catering sehat yang ditawarkan. Walau menggunakan bahan organik namun pasangan suami istri ini mencoba mengubah image makanan sehat dengan melakukan modifikasi sehingga tampilan dan rasanya menggugah selera.

Ternyata memperkuat kualitas rasa produk kuliner sehat bukan hanya dilakukan pemilik Fit n Fun Catering. Pelaku usaha lain Celestia Soetoyo dan Hertika Setia Putri, Pemilik Trimeats. Dengan memanfaatkan hobinya memasak, kedua sahabat ini melakukan eksperimen sehingga mengubah oats yang bagi sebagian masyarakat memiliki rasa yang tidak enak atau hambar, menjadi kudapan yang menggugah selera. Di tangan mereka oats yang biasanya dimasak bersama susu di atas api hingga menyerupai bubur hangat, dirubah menjadi oats yang disajikan dalam jar (toples selai) yang diguyur susu, juga diberi beragam topping dan disantap dingin.

Soal mengubah rasa, yang dilakukan Rahadjeng Hartini pemilik Loving Hut Jatinegara juga tidak kalah. Karena usahanya bergerak di bidang resto vegetarian yang tidak menggunakan bahan baku hewani seperti daging, telur maupun madu maka wanita yang akrab disapa Hwa Hwa ini mencari jalan keluar dengan mengolah sayuran hijau sehingga memiliki tekstur dan rasa yang sama dengan menggunakan bahan daging. "Konsumen kita tidak akan tahu bila yang mereka makan berbahan sayuran, karena tampilan dan rasanya sama seperti makanan berbahan daging," tambah Hwa Hwa.

Bagaimana pun para pelaku usaha makanan minuman ini mengolah produknya, tujuan utamanya ialah menyajikan menu sehat yang dinikat bagi konsumen. Karena itu dalam membuat produknya mereka menggunakan produk yang aman dikonsumsi (tanpa penyedap, MSG dan pengawet).

Program Diet hingga Penyembuhan. Dengan menggunakan bahan alami, ternyata produk makanan dan minuman sehat banyak momborikan manfaat

bagi kesehatan. Bukan hanya untuk mereka yang sedang masa penyembuhan atau menderita penyakit tertentu seperti darah tinggi, diabetes hingga asam urat, para pelaku usaha juga menawarkan produk untuk berbagai program diet yang saat ini banyak digandrungi masyarakat terutama kaum hawa.

Seperti yang ditawarkan Kaisha Fridayassie, Pemilik Kai's Kitchen, Beberapa menu program diet yang disediakan antara lain Mayo Diet sebuah program penurunan berat badan yang paling banyak pemesannya lantaran dapat menurunkan berat badan sebanyak 2-8 kg dalam waktu dua minggu saja. Lalu ada DASH Diet yang merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, program diet yang sangat cocok bagi mereka yang memiliki masalah hipertensi, karena selain dapat menurunkan berat badan program DASH Diet ini juga mampu menurunkan tekanan darah yang memicu penyakit jantung.

Selain itu ada pula catering Post Pregency Diet yang aman dilakukan oleh para ibu yang baru melahirkan dan sedang menyususi. "Di program ini kami menyusun dan menyesuaikan asupan kalori yang sesuai untuk konsumen, sehingga akan mendapatkan gizi yang seimbang bagi tubuh dan buah hati," ungkapnya.

Sedangkan bagi mereka yang ingin menjalani program lanjutan agar diet yang dilakukan tidak sia-sia dan bentuk tubuh kembali semula, Kai's Kitchen menawarkan program Balance Diet yang merupakan program lanjutan yang dirancang untuk menjaga berat badan tetap ideal setelah menyelesaikan program diet pertama. "Kami juga menyediakan Paleo Diet yang merupakan program diet dengan menu bebas dari bahan makanan yang mengandung gluten, dan juga Bride To Be Diet atau diet khusus bagi mereka yang ingin tampil sehat dan kulit lebih cerah pada saat hari-hari spesial," ungkapnya.

Tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan Kai's Kitchen, pelaku usaha lain Fit n Fun Catering juga menawarkan menu sehat untuk berbagai kalangan. Mulai dari makanan untuk bayi dan anak-anak (lebih dari 6 bulan), menu rumah sakit, menu anak sekolah dan menu yang juga diminati karena gizi seimbang melalui modifikasi diet penurunan berat badan.

Menu gizi seimbang melalui modifikasi diet penyakit cocok untuk mereka yang sedang proses rawat jalan seperti diet energi tinggi protein, diet energi rendah, diet garam rendah, diet serat tinggi, diet pra bedah, diet pasca bedah, diet luka bakar, diet hiperemesis, diet peeklamsia, diet penyakit saluran cerna atas, diet penyakit saluran cerna bawah, diet penyakit hati, diet penyakit kandung empedu, diet penyakit diabetes militus tanpa komplikasi, diet penyakit diabetes militus dengan nefropati, diet dislipidemia, diet penyakit jantung, diet penyakit stroke, dan'berbagai penyakit lainnya.

Sedangkan untuk minuman, Marina Deyvi Salim, Pemilik Sinless Break menawarkan 3 varian jamu lagi yaitu Temulawak, Jahe Serai, dan Bir Pletok. Sekilas memang tidak ada yang membedakan jamu buatan Marina dengan jamu yang ada di pasaran, hanya saja Marina mengaku menggunakan bahan baku rempah-rempah fresh seperti kunyit biang yang berkhasiat menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, serta melancarkan peredaran darah. "Saya menggunakan bahan baku kunyit segar, bukan kunyit bubuk seperti yang ada di pasaran," terangnya. Selain itu Marina juga menggunakan pemanis dari gula aren dan gula batu yang baik untuk penderita kolesterol.

Bicara mengenai harga jual, para pelaku usaha makanan dan minuman sehat ini menawarkan produknya dengan harga bervariasi dan terjangkau. Seperti Marina Dewi Salim yang menawarkan harga produknya mulai Rp 30-35 ribu/botol 250 ml. Atau Fit n Fun Catering yang menawarkan harga catering sehat dengan harga berkisar Rp 55 ribu.

Omset Ratusan Juta. Dengan semakin menggeliatnya usaha makanan dan minuman sehat yang ditandai dengan banyaknya permintaan pasar, membuat para pelaku banyak kebanjirang pesanan sehingga omset usahanya bisa mencapai ratusan juta.

Seperti Rahadjeng Hartini, Pemilik Loving Hut Jatinegara yang bisa masuk ke beberapa perusahaan besar untuk memasok kebutuhan catering para karyawannya. Dengan begitu bisa dipastikan omset usahanya bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Atau Celestia Soetoyo dan Hertika Setia Putri, Pemilik Trimeats yang memasarkan produk Overnight Oats dan Cray Oats dengan berbagai varian rasa sehingga omset mencapai Rp 100 juta per bulan.

Pemasaran. Berbagai sistem pemasaran coba dilakukan para pelaku usaha makanan dan minuman sehat. Mulai dari menyebarkan brosur ke rumah-rumah seperti yang dilakukan Ismiyati Penina, Pemilik Gracia Catering hingga mencari reseller dan memanfaatkan media online seperti yang dilakukan Dini Hatta, Pemilik Overnight Oat Dini Hari.

Untuk kendalanya sendiri, bisa dibilang para pelaku usaha ini memiliki kendala yang hampir sama yaitu berkisar pada harga dan ketersediaan bahan baku atau seputar Sumber Daya Manusia. Namun berbagai kendala tersebut tidak terlalu dipusingkan para pelaku usaha, buktinya usaha yang mereka jalankan bisa terus berjalan dan berkembang hingga sekarang. Mau tahu berbagai perjalanan sukses para pelaku usaha kuliner sehat? berikut kami sajikan untuk Anda.

Sumber : Majalah Wirausaha Edisi Mei-Juni
Peluang Bisnis Healthy Food Semakin Bergairah

0 Response to " Peluang Bisnis Healthy Food Semakin Bergairah "