Membangun Usaha

Membangun Usaha
Sebagai manusia biasa yang normal, sudah tentu menginginkan sebuah pekerjaan yang layak dalam mencukupi kebutuhan hidup. Di samping itu juga membutuhkan kepuasan serta ketengan dari pekerjaan yang di tekuninya. Tantangan dan hambatan bukanlah suatu hal yang berarti untuk mencapai harapan yang lebih baik untuk masa depan. Peluang yang disediakan oleh bisnis sangatlah luas sehingga tidak terbatas kalau bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Ke Manakah Harus Menjual Produk Home Industry, Strategi Memulai Usaha Kuliner Home Industry, Menentukan dan Mempelajari Jenis Makanan atau Minuman, Mengenal Target Pasar dan Segmentasi Konsumen, Contoh Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi, Contoh Penerapan Positioning, Perbedaan yang Nyata (Significat Different), Promosi, Usaha Kuliner, Selalu Menjadi Incaran, Potensi Pasar Yang Besar dan Berkelanjutan, Modal Kecil, Jenis Bervariasi, Mudah dan Praktis, Risiko Rendah, Menguntungkan, Inovasi Produk Kreatif Untuk Kelangsungan Sebuah Usaha.

Peranan industri kecil terhadap roda perekonomian suatu negara sangat besar. Amerika Serikat, misalnya, dari 5,5 juta usaha yang telah berjalan mantap, 95% di antaranya berupa usaha kecil. Kondisi serupa juga ditemukan di negara-negara maju lain, misalnya Jepang. Di Indonesia, 99% dari total unit usaha yang mandiri (sekitar 35 juta) juga berupa unit usaha kecil. Sayangnya, kontribusi terhadap produk domestik brute (PDB) baru 14% saja. Hal ini menjadi tantangan bagi para pengusaha kecil untuk meningkatkan usahanya.
Salah satu usaha kecil yang potensial dikembangkan adalah pabrik pembuatan tahu. Kalau usaha itu dijalankan serius pasti akan menguntungkan karena konsumen tahu sangat luas, men­cakup semua strata sosial. Tahu tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat kelas bawah dan menengah saja, tetapi juga kelas atas. lni terlihat telah masuknya produk tahu di pasar swalayan. Selain itu, tahu termasuk lauk yang bergizi tinggi dan rendah kolesterol.
Apabila industri pengolahan tahu mendapat sentuhan tekno­logi maka mutu dan cita rasanya semakin baik sehingga lebih menarik minat masyarakat.

Memformulasikan Hasil Marketing Research

Adapun yang menjadi titik tolak dalam melakukan kegiatan Desain Produk adalah riset pemasaran. Untuk mengetahui produk yang diinginkan konsumen, Produk designer dapat memperoleh data dari riset pemasaran yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Riset ini dilakukan baik untuk produk yang betul-betul baru maupun produk yang sudah ada.



Posting Komentar untuk "Membangun Usaha"