Sunday, August 26, 2018

Pengertian Proposal Usaha Modifikasi Makanan Khas Daerah

Proposal Usaha Modifikasi Makanan Khas Daerah


Pada bahasan kali ini anda akan belajar mengenai bagaimana mengembangkan usaha makanan khas daerah modifikasi mulai dari proposal usaha sederhana. Sebelum belajar lebih lanjut, ayo kamu cermati artikel berikut ini dengan saksamai

Berawal dari Iseng, Menang Lomba Proposal Bisnis Kuliner

Harri Julianta (19), seorang mahasiswa mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IB1) Darmajaya di Lampung, telah berhasil memenangkan lomba proposal bisnis kuliner dengan menciptakan usaha kuliner. Proposalnya menyingkirkan puluhan proposal lain di bidang kuliner bernama "Munchbucket". NMa tersebut berawal dari kejadiansaat melihat orang yang sedang makan disamping ember. Lalu, Harri mencoba menggabungkan dua kosakata makan/mengunyah dengan ember dalam bahasa Inggris. "Munch artinya mengunyah dan bucket artinya ember," kata dia melalui rilis yang diterima di Bandar Lampung, Selasa.

Usaha Harri merupakan inovasi baru hasil eksplorasi kuliner. Konsep bisnis berbentuk kafe mini dengan menjual cakwe yang menyajikan dua pilihan menu utama, yakni karnivora dan herbivora. "Karnivora adalah cakwe berisi daging, seperti ayam atau daging sapi. Sementara herbivora merupakan cakwe berisi sayur-sayuran. Olahan ini menggunakan bahan baku rahasia terdiri dari racikan tiga belas bahan. Apabila cakwe pada umumnya dikonsumsi dengan saus atau sambal cuka, Harri membuat variasi dengan menambahkan isi di dalam cakwe.

Menurut Kepala Lembaga Pengembangan Sumber Daya (LPSD) Darmajaya, sebagai juri, penulisan dan penyusunan proposal terbaik, serta ide paling kreatif menjadi penilaian utama untuk memenangkan lomba ini. Tidka hanya menu yang inovatif, namun dalam proposal tersebut juga dipaparkan konsep-konsep bisnis yang matang dan modern. Mulai dari namanya yang unik, konsep pemasaran, resiko dan pengembangan bisnis yang cukup menjanjikan. Poin-poin ini menjadi penilaian penting yang akhirnya mengantarkan Harri sebagai pemenang lomba proposal bisnis.

Berdasarkan artikel tersebut, ditunjukkan pentingnya proposal usaha guna membangun sebuah usaha, khususnya kuliner. Meski bukan khusus pada makanan khas daerah, namun modifikasi yang dilakukan oleh Harri telah membuahkan hasil. Proposal usaha menjadi bukti keseriusan dalam memulai usaha.

Proposal usaha artinya media untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh seorang wirausaha. Hal terpenting bagi wirausaha adalah menerangkan profil usaha atau bisnis yang akan di dikembangkan. Oleh karenanya, setiap aspek dalam proposal usaha harus dijelaskan dengan sebaik-baiknya. 

Pengertian dan Sistematika Proposal Usaha


Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal mengenai usaha yang akan dikembangkan. Proposal usaha bertujuan untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan pada orang-orang tertentu seperti investor, bank/yang meminjamkan modal, dan wirausaha lain.

Proposal harus dibuat dengan detil, singkat, dan menarik. Melalui proposal usaha seorang wirausaha dapat menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana/pinjaman modal.

Manfaat dari kegiatan perencanaan usaha adalah usaha memiliki arah atau tujuan yang jelas, proses usaha menjadi tertib dan teratur, meningkatkan efisiensi biaya, pekerjaan menjadi efektif, serta sebagai alat evaluasi atau pengawasan. 

Syarat-Syarat Proposal yang Baik

  1. Jelas (Clear); Proposal harus dapat memaparkan kegiatan usaha secara jelas, terutama mengenai: bidang usaha, status kepemilikan, surat izin badan usaha yang diperlukan, bentuk kerja sama yang ditawarkan, pemasaran produk, tenaga kerja, pesaing, dan bahan baku.
  2. Singkat (C'onsicc); Ditulis singkat tanpa nielupakan kaidah-kaidah penulisan dan mengurangi kejelasan dan kelengkapan proposal.
  3. Lengkap (Complette); Dibuat dengan informasi pendukung. Seperti pesaing dan peluang pasar.
  4. Benar (Correct); Proposal berisikan kebenaran untuk menghasilkan kepercayaan.
  5. Tidak kadaluwarsa (up to date); Keakuratan dan ketepatan data pendukung sangat diperlukan dalam penyusunan usaha.

Contoh Proposal Usaha

Berikut ini merupakan contoh proposal usaha pembuatan modifikasi makanan khas daerah. Untuk itu perhatikan dengan saksama supaya kamu dapat membuat proposal usaha kuliner dengan baik!

PROPOSAL USAHA WARUNG GUDEG " NIKI ECHO" 

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal usaha ini.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini. Proposal ini dibuat sebagai persyaratan atau prosedur yang harus dilakukan oleh setiap pembisnis terutama pemula untuk mendirikan usaha. Hal ini dilakukan agar kami dapat mengetahui biaya-biaya apa saja yang perlu dikeluarkan saat mendirikan usaha, serta mengukur dan mengevaluasi kelemahan maupun kekuatan pesaing.

Dengan adanya tujuan dan manfaat yang begitu besar, maka proposal ini diajukan sebagai wujud bahwa kami ingin membuka suatu usaha. Harapan kami semoga proposal ini dapat diterima sehingga kami dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi para pengangguran.

Akhir kata, tak ada gading yang tak retak, untuk itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun sebagai perbaikan di masa yang akan datang. Serta kami juga berharap semoga proposal ini dapat bermanfaat.

Jakarta, 08 Agustus 2018



Penyusun



PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada saat ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan khas tradisional jika dikreasi akan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui adalah gudeg dengan modifikasinya. Namun, masyarakat mulai jenuh dengan bentuk dan rasa tahu yang biasa-biasa saja, tidak adanya modifikasi.

Untuk itu, kami mencoba mengkreasikan gudeg dengan mengolah menjadi sajian modifikasi nasi, olahan, dan penyajian yang yang sehat, bergizi, serta bentuk yang mampu mengundang selera. Kelebihan gudeg yang kami buat adalah modifkasinya yang terdiri dari sambel krecek, saus areh, daging, ceker, opor, dan sebagainya dengan tampilan yang menarik dengan bungkus kardus atau besek (dus dari anyaman bambu)

Tujuan

Tujuan dari Pendirian Warung Gudeg Niki Echo ini ingin melestarikan dan memperkaya makanan khas Indonesia terutama olahan Gudeg agar dapat dinikmati oleh semua konsumen dan agar makanan olahan Gudeg ini tidak hilang ditengah persaingan makanan bergaya barat. Selain itu juga, tujuan kami adalah ingin menjadi warung terbaik dari warung yang menyajikan olahan Gudeg yang tentunya baik dari segi pelayanan terhadap konsumen, dari segi penyajian dan juga cita rasa masakan itu sendiri.

Visi

Kami mempunyai visi yaitu ingin melestarikan dan memperkaya makanan khas Indonesia terutama olahan Gudeg agar dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan dan untuk melestarikan makanan tersebut agar tidak hilang ditelan modernisasi saat ini.

Misi

Adapun misi dari Warung Niki Echo ini antara lain:
  • Mengenal konsumen kami, dalam hal ini keinginan dan kepuasan dari konsumen menjadi prioritas utama yang harus diwujudkan oleh perusahaan.
  • Kami sepenuhnya memegang kendali agar menu yang kami sajikan untuk pelanggan memiliki rasa yang asli.
  • Kami mempunyai strategi untuk mendapatkan pelanggan dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan agar pelanggan tetap setia untuk datang ke Warung Gudeg Niki Echo.
  • Kami akan selalu melakukan berbagai perkembangan modifikasi namun tetap konsisten dengan melestarikan berbagai macam menu yang tidak ditemui di warung lain.

Bab II Manajemen Produksi

Jenis Produk yang dijual di restaurant kami adalah makanan tradisional yang dikhususkan olahan Gudeg sebagai menu utamanya yang dimodifikasi oleh menu-menu lain yang juga menggugah selera. Proses produksi makanan ini adalah dengan diolah kering, diolah basah, dan dibuat masakan berkuah yang didominasi masakan tradisional Indonesia. Target produksi yang ditetapkan adalah lebih dari 50 porsi dalam satu hari.

Struktur Kebutuhan Tenaga kerja
Jumlah Koki Masak =1 
Pembantu Koki = 1 
Jumlah Kasir =1 
Tenaga Teknis = 1 
Pramu saji = 1

Manajemen Pemasaran

Segmen Pasar
Pasar yang akan menjadi segmentasi Warung Gudeg Niki Echo adalah semua kalangan baik bawah, menengah, dan atas.

Target Produksi
Dalam hal ini, Warung Gudeg Niki Echo mempunyai rencana kapasitas yang didasarkan jumlah pengunjung yang datang berkunjung ke warung kami. Pada hari pertama pembukaan, menargetkan atau merencanakan jumlah pengunjung yang datang lebih dari 50 orang. Namun setelah hari pertama pembukaan, Warung Gudeg Niki Echo akan meningkatkan target tersebut menjadi minimal 70 - 80 porsi/ hari.
Manajemen Keuangan
Kebutuhan modal untuk memulai usaha ini Rp 805.000 dana tersebut dialokasikan untuk kebutuhan pengeluaran awal produksi. Berikut rincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini:


Prospek Pengembangan Usaha
Dengan keyakinan dan pertimbangan terhadap pangsa pasar, dan berdasarkan lokasi pemasaran yang telah kami targetkan, didukung dengan persaingan terhadap usaha sejenis yang menjamur, serta modifikasi penyajian yang kami tawarkan dengan harga terjangkau namun tetap menjamin mutu dan kualitas, peluang kemajuan usaha kami ini sangat besar dan memiliki prospek yang menjanjikan
Strategi Pengembangan Usaha

Strategi pengembangan Warung Gudeg Niki Echo, adalah :
  • Mengutamakan kwalitas rasa dan kebersihan produk. 
  • Menjamin produk 100% HALAL. Mengepak
  • produk dengan kemasan yang menarik.
  • Mengiklankan produk di media-media sosial seperti Blackberry Messenger, Twitter, Facebook, WhatsApp dan media sosial lainnya.
  • Membagi-bagikan brosur kecil tentang produk dan harga yang kami tawarkan. 
  • Menjajakan langsung produk kami ke tempat konsumen tersebut berada. 
  • Menyediakan sistem delivery order. 
  • Bersikap ramah dan berpakian rapi.
Target Penjualan
Penjualan dilakukan selama 3 (Bulan) periode penjualan, dengan target penjualan keseluruhan, sebagai berikut:
Penjualan:
- Gudeg 100 Porsi
- Modifikasi Makanan 50 Porsi
- Minuman 100 porsi

Kebutuhan dan Sumber Dana
Warung Gudeg Niki Echo merupakan suatu usaha yang berbentuk perorangan untuk itu seluruh modal dan keuntungan yang diperoleh akan .Kebutuhan modal keseluruhan dalam pelaksanaan usaha ini adalah sebesar Rp 805.000,00

Sumber Dana
Ziyad Ryoka Putra Zaky Rp 500.000
Indah Dewi Pratiwi Rp 305.000

Sisa kekurangan modal penjualan selanjutnya, akan diambil dari pendapatan pada penjualan sebelumnya.

Bab IV 
Pemasaran

Kelancaran usaha kami sangat bergantung pada kesuksesan kami dalam mendistribusikan produk kami hingga sampai kepada konsumen. Untuk itu Sasaran pemasaran, latar belakang konsumen dan lawan dagang menjadi perhatian utama kami, yaitu dalam uraian berikut.
Sasaran Pemasaran
Sasaran pemasaran kami lakukan ada pada beberapa lokasi, antara lain pinggir jalan dekat dengan Perumahan Sawahan Indah Bandung yang strategis dengan lalu lalang karyawan pabrik.
Profil Konsumen
Beberapa profil konsumen yang kami yakini akan membeli produk kami adalah sebagai berikut:
a. Karyawan pabrik c.     Warga sekitar perumahan
b. Ibu rumah tangga d.    Masyarakat pengguna jalan yang lewat.


Bab V 
Analisis Operasional
Strategi Produksi

Kami mengolah gudeg dengan modifkasi yang sebelumnya telah kami racik dengan bahan dan bumbu, pada panci yang telah kami sediakan di stan tempat penjualan kami, sehingga konsumen benar-benar mendapatkan gudeg yang masih hangat. Kami juga berkomitmen untuk tetap menjaga kebersihan dan memilih bahan dan bumbu yang berkualitas serta menjamin kehalalan produk kami.
Pola Pelayanan Usaha
Seluruh kegiatan sebelum pelaksanaan dan pada saat pelaksanaan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab yang sama, untuk menjamin kelancaran usaha kami.
Untuk itu, pola pelayanan juga kami lakukan secara bekerja sama dan melayani konsumen sebaik mungkin untuk mau membeli produk kami.

BAB VI 
Target Usaha


Bab VII 
PENUTUP
Demikianlah penyajian proposal usaha yang telah kami susun ini. Kami dari Warung Gudeg Niki Echo mohon maaf apabila terdapat kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca dan penulis untuk menumbuhkan motivasi dalam membuka usaha.
Kritik dan saran sangat kami harapkan untuk perbaikan usaha di masa yang akan datang, terima kasih.

Artikel Terkait

No comments: