Friday, July 6, 2018

7 Langkah Cara Menemukan Jalur Cepat Keuangan Anda

7 Langkah Cara Menemukan Jalur Cepat Keuangan Anda

Langkah 1 :  Sudah Waktunya Mengurus Bisnis Anda Sendiri

Bekerja Untuk Uang

Apakah anda selama ini membanting tulang dan membuat orang lain kaya raya? Semenjak dari kecil pada umumnya kita sudah di setting untuk membantu mengembangkan usaha orang lain dan membuat dia menjadi tambah kaya. Hal ini bermula tanpa disadari dengan ungkapan-ungkapan kata-kata nasehat yang sering terlontar dari orang-orang tua sebagaimana kutipan berikut ini :
  1. "Kamu harus bersekolah nak setinggi mungkin dengan belajar yang rajin untuk mendapatkan nilai yang baik agar nanti bisa mempunyai pekerjaan yang bagus serta menjamin dengan gaji besar dan tunjangan yang menggiurkan."
  2. "Kamu harus bekerja sekuat tenaga agar kamu bisa memiliki rumah impianmu. Karena rumahmu adalah aset dan investasi yang paling berharga."
  3. "Pinjam atau Kredit yang menguntungkan kamu, karena pemerintah akan memberikan potongan pajak untuk pembayaran bunganya."
  4. "Beli sekarang, bayar belakangan," atau "Uang muka kecil, ansuran bulanan mudah." Atau "Silahkan masuk dan menyimpan uang disini."
Orang yang begitu mudah menuruti ungkapan kata-kata nasehat tersebut sering menjadi :
  1. Pegawai, membuat atasan dan yang punya perusahaan bertambah kaya.
  2. Debitor, membuat bank atau kreditor kaya.
  3. Pembayar pajak, membuat pemerintah kaya.
  4. Konsumen, membuat banyak pengusaha menjadi kaya.
Bukannya mencari jalur cepat keuangan mereka sendiri, mereka membantu orang lain menemukan jalu cepat keuangan mereka. Bukannya mengurus bisnis mereka sendiri, mereka bekerja benting tulang seumur hidup hanya untuk mengurus memajukan usaha bosnya.
Dengan melihat laporan Penghasilan dan Neraca, Anda bisa dengan mudah mulai melihat betapa kita telah di setting semenjak kecil untuk mengurus dan memajukan usaha orang lain, dan mengabaikan bisnis Anda sendiri.

LAPORAN PENDAPATAN

Pemasukan
Anda Mengurus bisnis bos Anda

Pengeluaran
Anda mengurus bisnis pemerintah melalui pajak. Dengan setiap pengeluaran, Anda mengurus banyak bisnis orang lain.

Neraca

Aset
Ini adalah bisnis Anda

Liabilitas
Anda mengurus bisnis bankir Anda.

Bertindak

Kebanyakan orang laporan keuangan mereka tidak bagus karena mereka diajari untuk mengurus bisnis orang lain bukannya bisnis mereka sendiri.

Langkah Pertama
Isilah laporan arus keluar masuk keuangan pribadi Anda. Untuk mengetahui ke mana Anda ingin pergi. Anda perlu mengetahui di mana sekarang Anda berada. Ini merupakan langkah awal untuk mengambil alih kendali hidup Anda dan memakai lebih banyak waktu untuk mengurus bisnis Anda sendiri.

Langkah Kedua
Tentukan Target keuangan. Tentukan target keuangan jangka panjang untuk posisi yang Anda inginkan lima tahun mendatang dan target keuangan jangka pendek yang lebih kecil untuk posisi yang Anda inginkan dalam 12 bulan. (Target keuangan yang lebih kecil merupakan batu loncatan selama perjalanan menuju target 5 tahun Anda). Tentukan target yang realistis dan bisa dicapai.

Contoh Target Jangka 12 Bulan
  1. Saya ingin menurunkan utang saua sebesar USD 5000,-
  2. Saya ingin meningkatkan cash flow saya dari aset, atau pemasukan pasif, (pemasukan pasif adalah pemasukan yang Anda peroleh tanpa bekerja) menjadi  USD 1000 per bulan
Target 5 tahun saya adalah :
  1. Meningkatkan cash flow dari aset menjadi USD 1500 per bulan.
  2. Mepunyai investasi berikut dalam kolom aset (misal, real estate, saham, bisnis, dll).
Gunakan target 5 tahun Anda untuk mengembangkan laporan penghasilan dan neraca Anda selama 5 tahun mulai dari sekarang.

Kini setelah mengetahui posisi keuangan Anda sekarang dan setelah menentukan target. Anda dituntut untuk mengendalikan cash flow Anda supaya bisa mencapai target itu.

Setelah Anda memahami langkah pertama ini, selanjutnya bisa memasuki langkah kedua yaitu Mengendalikan Cash Flow.
Artikel Terkait

No comments: