Friday, October 30, 2015

Tetapkan Sasaran Yang Jelas

Sobat, Setiap orang pasti ingin sukses, namun, dalam kenyataanya tidak banyak orang yang bisa sukses seperti yang di dambakan. Mengapa? Jawabnya sederhana : TIDAK PUNYA TUJUAN YANG JELAS.  Dalam kenyataannya orang yang punya tujuan yang jelas (clear goals) akan lebih cepat sukses daripada mereka yang tidak mempunyai tujuan yang jelas.
Sasaran Yang Tepat

Pertanyaan Ringan yang nggak usah di jawab :
Jika Anda Melempar sebuah benda dengan Keadaan Mata Tertutup, dan sebelumnya anda di putar dulu, bagaimana kemungkinan kenanya di bandingkan dengan melempar dalam keadaan mata terbuka dengan jelas. Mana yang lebih kena.
Banyak orang yang menghabiskan hidupnya tanpa tujuan yang jelas. Beberapa dari mereka begitu sibuk menggeluti pekerjaannya sehingga kehilangan pandangan dan tujuan. Bagaimana dengan Anda?

Apa Tujuan Anda ?
Apakah Anda Punya Tujuan Yang Jelas ?
Apakah Anda Membaca dan Mengulang-ulang Tujuan-tujuan Anda setiap hari ?
Jika jawabannya "Ya" Selamat! Anda sudah berada di jalan yang benar untuk mencapai sukses. Jika jawabannya "tidak:, maka kami sarankan Anda untuk menulis tujuan itu. Yang Anda butuhkan hanyalah meluangkan sedikit waktu sambil bertanya kepada diri Anda, "Apakah ini yang benar-benar ingin saya capai ?" kemudian tuliskan SEGERA tujuan itu, dan tempelkan di tempat yang sering anda lihat, misalnya di dinding kamar ataupun di Handphone anda barangkali, yang terutama adalah tempat yang sering anda buka.

Pulanglah ke Rumah Secepatnya

Jakarta adalah kota macet! rata-rata, seseorang membutuhkan 1 -2 jam perjalanan dari rumah ke kantor mereka. Dan 1-2 jam perjalanan lagi untuk pulang ke rumah. Ada sebuah kisah. Ada seseorang yang membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan dari kantor pulang ke rumah. Karena rumahnya terletak di "rute macet", tidak ada solusi apa pun yang dapat ia lakukan. jadi, setiap hari, saat ia terjebak dalam kemacetan, ia selalu mendengarkan musik, radio, dan kaset-kaset motivasi. Dengan kata lain, ia menerima waktu 1,5 jam itu tanpa rasa kecewa dan amarah.
Tetapi, suatu hari, dalam perjalanan pulang, istrinya menelepon dan mengatakan bahwa anaknya yang berusia dua tahun terjatuh dan robek dahinya. Dan sekarang sedang mengalami pendarahan hebat. "Pulanglah ia ke rumah secepat-cepatnya!" Suara tangis anak kesayangannya terdengar di belakang telepon. Segera ia tancap gas dan mengambil sisi jalan, bergerak agak cepat.... semua dilakukan hanya untuk sampai ke rumah dalam waktu sesingkat-singkatnya.
Akhirnya, ia sampai ke rumah. Dan ternyata, ia hanya menghabiskan waktu satu jam perjalanan dari kantor ke rumah ! 30 menit lebih cepat dari biasanya! Istrinya sangat terkejut. "Bagaimana kamu bisa sampai ke rumah dalam tempo satu jam?" Ia menjawab, "Saya menerobos, menekan gas sedalam-dalamnya, mengambil jalan pintas, bergerak cepat.... Pokoknya apapun yang dapat membuat saya lebih cepat!".

Dari Kisah tersebut apa yang Bisa Kita Pelajari ?
Ketika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas dan bisa memvisualisasikan hasil akhirnya secara jelas, otomatis Anda akan memiliki tingkat KEPENTINGAN (URGENCY) yang lebih kuat. Ketika ingin lebih cepat mencapai tujuan kita, secara otomatis kita akan menemukan jalan yang lebih baik dan lebih cepat untuk mencapai tujuan tersebut dengan kata lain, kita akan mencapai sukses LEBIH CEPAT!.

Setelah "APA", Datanglah "KENAPA"
Berpikirlah realistis. Perlu kerja keras dan pengorbanan untuk mencapai tujuan dan sukses ! Tidak ada jalan pintas, atau rumus-rumus ajaib. Kadang ini juga menyakitkan hati. Ketika teman Anda menikmati hidup mereka, Anda bekerja. Saya tahu semua ini karena saya sudah mengalami pengorbanan selama 8 Tahun.
Sering kali, ketika Anda sudah sangat lelah, hampir frustasi. Anda akan bertanya kepada diri sendiri, "Mengapa saya melakukan semua ini? Untuk apa semua ini? Apakah pengorbanan ini sia-sia atau tidak?".
Anda lihat apa yang terjadi? Sekarang Anda bertanya "Mengapa". Jika kata "mengapa" itu tidak kuat dan cukup jelas, Anda akan berkata "Ah...peduli amat! Lupakan saja! Pengorbanan ini tidak berguna" dan kemudian menyerah.
Jadi, sebelum Anda memulai sebuah usaha, SANGATLAH PENTING untuk memahami dengan jelas MENGAPA Anda ingin mencapainya. Jika kata "mengapa" tidak terasa jelas, kuat dan mendorong perasaan Anda (Senang, gembira, bangga, takut dan sebagainya), kemungkinan beasar Anda akan gagal.
Sebuah contoh. Jika Anda berada dalam sebuah kolam renang, seseorang menekan kepala anda ke dalam air dan menahannya sampai Anda kehabisan nafas tentu anda akan berusaha sekuat tenaga agar dapat melepaskanan tekanan itu dan menghirup udara segar. 
Jadi, "Apa" tujuan Anda .... dan yang lebih penting lagi adalah "mengapa" Anda ingin mencapainya? Untuk siapa Anda melakukan semua itu? Bisakah Anda melihat hasil akhirnya? Apakah visualisasi hasil akhir akan membuat Anda gembira, sedih, tersentuh, menangis, takut, bangga? Jika ya, maka Anda berada pada jalur yang benar. Jika Tidak maka definisi Anda tentang "Mengapa" tidaklah jelas dan cukup kuat sehingga Anda harus mencari alasan lain yang lebih kuat. Jika tidak maka usaha Anda akan menjadi tidak berharga.
Banyak orang bekerja keras tapi tanpa tujuan jelas maka apa yang ia dapatkan. Kuncinya Setelah Anda menentukan TUJUAN YANG TEPAT DAN JELAS maka realisasinya adalah Kerja Keras.

Cukup Sekian dan Semoga Sukses selalu.
Artikel Terkait

No comments: