Rahasia Mengatasi Masalah Keuangan atau Finansial

Setelah Anda memahami langkah ketiga dari 7 Langkah Cara Menemukan Jalur Cepat Keuangan Anda tentang Mengetahui Perbedaan Antara Risiko dan Berisiko, kini kita memasuki Langkah yang keempat yaitu Tentukan Anda Mau Menjadi Investor Tipe Apa.

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa investor menghasilkan lebih banyak uang dengan jauh lebih sedikit risiko daripada yang lain?

Kebanyakan orang mengalami kesulitan keuangan karena mereka menghindari masalah finansial. Salah satu rahasia terbesar yang di ajarkan Ayah Kaya adalah ini : "Kalau kau ingin cepat mendapat banyak uang, tanganilah problem finansial besar."
Perbedaan yang menentukan tiga jenis investor yang berbeda :


Tipe A : Investor yang mencari problem.
Tipe B : Investor yang mencari jawaban.
Tipe C : Investor Tipe Sgt. Schultz: "Aku tidak tahu apa-apa."

Investor Tipe C

Nama Sgt. Schultz berasal dari karakter lucu dalam seri TV Hogans Heroes. Di Program itu, Sgt. Schultz adalah seorang penjaga di perkampungan tahanan perang Jerman. Ia tahu bahwa para tahanan perang itu mencoba melarikan diri atau menyabot upaya perang Jerman.
Tapi kalau mengetahui ada yang tidak beres, Schultz hanya mengatakan, "Aku tidak tahu apa-apa." Kebanyakan orang, kalau menyangkut masalah investasi, bersikap sama.
Bisakah investor tipe Sgt. Schultz juga menjadi kaya raya? Jawabannya ya. Mereka bisa bekerja di pemerintahan federal, menikahi orang kaya, atau memenangkan lotre.


Investor Tipe B

Investor tipe B sering mengajukan pertanyaan seperti berikut :
"Menurutmu aku sebaiknya berinvestasi di mana?"
"Menurutmu aku sebaiknya beli real estate?"
"Dana bersama apa yang bagus untukku?"
"Aku bertanya kepada pialangku dan dia menganjurkan diverifikasi."

"Orangtuaku memberikan beberapa bagian saham. Apa sebaiknya aku jual?"

Investor tipe B sebaiknya segera mewawancari beberapa perencana finansial, memilih satu, dan mulai mengikuti anjurannya. Perencana finansial yang baik memberikan pengetahuan teknis yang bagus dan sering bisa membantu ANda membuat strategi jangka panjang untuk hidup anda.
Alasan mengapa saya tidak memberikan saran finansial yang khusus karena posisi finansial setiap orang berbeda-beda. Perencana finansial adalah orang yang paling bisa mengevaluasi posisi Anda sekarang, dan kemudian memberi Anda gagasan tentang cara menjadi investor tingkat 4.

Sebuah catatan tambahan banyak di temukan di quadran "E" dan "S" berpenghasilan tinggi masuk ke dalam kategori investor tipe B karena mereka tidak punya banyak waktu untuk mencari-cari peluang investasi. Karena sangat sibuk, mereka sering tidak sempat mempelajari sisi kanan Quadrant. Oleh sebab itu, mereka lebih mencari jawaban daripada pengetahuan. Jadi, kelompok ini sering membeli apa yang oleh investor tipe A disebut sebagai ’’investasi eceran,” yang merupakan investasi yang telah dikemas untuk dijual kepada publik.

INVESTOR TIPE A

Investor tipe A mencari problem. Khususnya mereka mencari problem yang ditimbulkan oleh orang-orang yang mempunyai masalah keuangan. Investor yang pandai menyelesaikan masalah bisa memperoleh keuntungan 25% atau lebih atas uang yang mereka investasikan. Mereka investor Tingkat 5 dan Tingkat 6 yang mempunyai dasar finansial kuat. Mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berhasil sebagai pemilik bisnis dan investor, dan mereka menggunakan keterampilan itu untuk memecahkan masalah-masalah yang ditimbulkan oleh orang-orang yang tidak memiliki keterampilan semacam itu. Sebagai contoh, ketika pertama kali belajar berinvestasi, yang saya cari hanyalah kondominium kecil dan rumah sitaan. Saya mulai dengan problem senilai $18.000 yang diciptakan para investor yang tidak mengelola cash flow mereka dengan baik dan kehabisan uang. Setelah beberapa tahun, saya masih mencari problem, tapi kali ini, nilainya lebih besar. Tiga tahun lalu, saya berusaha memperoleh perusahaan penambangan senilai $30 juta di Peru. Meskipun problem dan nilainya lebih besar, prosesnya tetap sama.

CARA LEBIH CEPAT MEMASUKI FAST TRACK 

Pelajaran yang perlu diambil adalah memulai kecil-kecilan dan belajar menyelesaikan masalah, dan Anda akhirnya akan memperoleh kekayaan besar setelah menjadi lebih pandai memecahkan masalah. Bagi mereka yang ingin lebih cepat memperoleh aset, saya kembali menekankan perlunya untuk terlebih dulu mempelajari keterampilan sisi ”B” dan ”1” Quadrant. Saya menganjurkan terlebih dulu mempelajari cara membangun sebuah bisnis, karena bisnis memberikan pengalaman pengetahuan yang sangat penting, memperbaiki keterampilan pribadi, memberikan cash flow untuk mengimbangi dampak naik-turunnya pasar, dan memberikan waktu luang. Cash flow dari bisnis sayalah yang memberi saya waktu luang untuk mulai mencari problem finansial yang bisa dipecahkan.

BISAKAH ANDA MENJADI KETIGA TIPE INVESTOR INI? 


Dalam kenyataan, saya beroperasi sebagai ketiga tipe investor. Saya seorang Sgt. Schultz, atau investor tipe C, kalau menyangkut masalah dana bersama atau memilih saham. Kalau ditanya, "Dana bersama apa yang kausarankan?” atau ”Saham apa yang kaubeli?” saya menjadi Sgt. Schultz dan menjawab ’Tidak tahu.” Saya memang mempunyai beberapa dana bersama, tapi saya tidak menghabiskan banyak waktu untuk mempelajarinya. Saya bisa memperoleh hasil yang lebih baik dengan rumah-rumah apartemen daripada dengan dana bersama. Sebagai investor tipe B, saya mencari jawaban profesional bagi problem finansial saya. Saya mencari jawaban dari perencana finansial, pialang saham, bankir, dan pialang real estate. Jika pandai, para profesional ini memberikan banyak informasi yang tidak sempat saya peroleh sendiri. Mereka juga berada lebih dekat dengan pasar dan, saya percaya, lebih mengikuti perubahan dalam dunia hukum dan pasar. Saran dari perencana finansial saya sangat berharga karena ia memahami masalah dana perwalian, surat warisan, dan asuransi jauh lebih baik daripada saya. Semua orang harus mempunyai rencana, dan itu sebabnya ada profesi perencanaan finansial. Investasi tidak hanya mengenai membeli dan menjual. Saya juga memberikan uang saya kepada investor lain untuk diin-vestasikan. Dengan kata lain, saya mengenal investor Tingkat 5 dan Tingkat 6 lain yang mencari rekan dalam investasi mereka. Mereka adalah orang-orang yang secara pribadi saya kenal dan percaya. Kalau mereka memilih berinvestasi di bidang yang tidak saya kenal, seperti misalnya perumahan sederhana atau bangunan kantor besar, saya mungkin lebih su.ka memberikan uang saya kepada mereka karena saya tahu mereka ahli dalam bidang mereka dan saya mempercayai pengetahuan mereka.

MENGAPA ANDA HARUS CEPAT MULAI 

Salah satu alasan utama mengapa saya menyarankan orang cepat-cepat mencari fast track mereka sendiri dan berusaha keras menjadi kaya adalah karena di Amerika, dan di sebagian besar belahan bumi, ada dua perangkat peraturan, satu untuk kelompok kaya dan satu lagi untuk yang lain. Banyak hukum yang merugikan orang-orang yang terjebak dalam financial rat race. Dalam dunia bisnis dan investasi, yang merupakan dunia yang paling saya kenal, saya heran melihat sedikitnya yang diketahui kelas menengah mengenai ke mana mengalirnya dolar pajak mereka. Meski dolar pajak dipergunakan untuk banyak keperluan yang mulia, banyak dari keringanan, insentif, dan pembayaran pajak yang lebih besar mengalir ke saku kelompok kaya, padahal kelas menengahlah yang bersusah payah membayarnya. Sebagai contoh, perumahan sederhana di Amerika merupakan masalah besar yang secara politis tidak ada yang mau menangani. Untuk membantu penanganan masalah ini, pemerintah kota, negara bagian, dan federal menawarkan kredit pajak dan keringanan pajak yang besar serta mensubsidi uang sewa bagi orang-orang yang membiayai dan membangun perumahan sederhana. Hanya dengan memahami hukum, para pelaku finansial dan pembangun menjadi lebih kaya karena pembayar pajak mensubsidi investasi mereka dalam perumahan sederhana.

MENGAPA TIDAK ADIL 

 Dengan demikian, bukan saja kebanyakan orang di sisi kiri CASH FLOW Quadrant membayar lebih banyak pajak penghasilan pribadi, tapi mereka juga sering tidak bisa berpartisipasi dalam investasi yang mendapat keuntungan pajak. Mungkin inilah salah satu sumber pepatah ’’yang kaya menjadi tambah kava.” Saya tahu hal ini tidak adil, dan saya memahami sudut pandang kedua belah pihak. Saya mengenal orang-orang yang memprotes dan menulis surat kepada editor surat kabar mereka. Beberapa mencoba mengubah sistem dengan mencalonkan diri sebagai pejabat pemerintahan. Menurut saya jauh lebih mudah mengurus bisnis Anda sendiri, mengendalikan cash flow Anda, mencari financial fast track Anda sendiri dan menjadi kaya. Menurut saya lebih mudah mengubah diri Anda sendiri daripada mengubah sistem politik.

PROBLEM MEMBERIKAN PELUANG 
Bertahun-tahun lalu, Ayah Kaya mendorong saya untuk mengembangkan keterampilan sebagai pemilik bisnis dan investor. Ia juga berkata, ’’Kalau begitu berlatihlah menyelesaikan masalah.” Selama bertahun-tahun, hanya itulah yang saya lakukan. Saya menyelesaikan masalah-masalah bisnis dan investasi. Beberapa orang lebih suka menyebutnya tantangan, namun saya menyebutnya problem karena memang itulah kenyataannya, sebagian besar. Menurut saya orang lebih menyukai kata ’’tantangan” daripada ’’problem” karena menurut mereka kata yang pertama terdengar lebih positif. Namun bagi saya kata ”problem” mempunyai nilai positif, karena saya tahu dalam setiap problem terdapat ’’peluang,” dan peluang adalah yang dicari para investor sejati. Dan dalam setiap problem finansial atau problem bisnis yang saya tangani, entah berhasil atau tidak, saya pasti mempelajari sesuatu. Saya mungkin belajar sesuatu yang baru tentang keuangan, pemasaran, manusia, atau masalah hukum. Saya sering bertemu orang baru yang menjadi aset yang tak ternilai harganya dalam proyek-proyek lain. Banyak di antara mereka menjadi teman seumur hidup yang merupakan bonus yang sangat berharga.

TEMUKAN FAST TRACK ANDA 
Jadi, bagi Anda yang ingin menemukan financial fast track, mulailah dengan:
1. Mengurus bisnis Anda sendiri.
2. Mengendalikan cash flow Anda.
3. Mengetahui perbedaan antara risiko dan berisiko.
4. Mengetahui perbedaan antara investor Tipe A, B, dan C, dan memilih menjadi ketiganya.

Untuk berada di financial fast track, jadilah pakar dalam hal memecahkan problem tertentu. Jangan melakukan ’’diversifikasi”, seperti yang disarankan bagi mereka yang hanya merupakan investor Tipe B. Jadilah pakar memecahkan satu jenis problem itu, dan orang akan berdatangan kepada Anda sambil membawa uang untuk diinvestasikan. Lalu, kalau Anda pandai dan bisa dipercaya, Anda akan lebih cepat mencapai financial fast track Anda. Inilah beberapa contohnya: Bill Gates adalah seorang pakar memecahkan problem pemasaran perangkat- lunak. Ia begitu pandai sehingga diincar pemerintah federal. Donald Trump adalah pakar memecahkan problem real estate. Warren Buffet adalah pakar memecahkan problem bisnis dan bursa saham, yang sebagai gantinya memungkinkannya membeli saham yang berharga dan mengelola portofolio yang berhasil. George Soros adalah pakar memecahkan problem yang ditimbulkan oleh kelabilan pasar. Itu sebabnya ia seorang manajer hedge-fiund. yang sangat ahli. Rupert Murdock adalah pakar memecahkan problem bisnis dalam jaringan tv global. Istri saya dan saya cukup pandai memecahkan problem perumahan apartemen yang akhirnya memberikan penghasilan pasif. Kami hanya sedikit memahami dunia di luar lingkup pasar perumahan apartemen berukuran kecil sampai sedang yang menjadi lahan investasi utama kami, dan kami tidak melakukan diversifikasi. Kalau memilih berinvestasi di luar lingkup itu, saya menjadi investor Tipe B, yang berarti saya memberikan uang saya kepada orang-orang yang mempunyai prestasi bagus dalam bidang keahlian mereka. Saya terfokus pada satu tujuan, dan itu adalah ’’mengurus bisnis saya 'sendiri”. Meski istri saya dan saya bekerja untuk badan sosial dan membantu upaya orang lain, kami tidak pernah melupakan pentingnya mengurus bisnis kami sendiri dan terus-menerus menambah isi kolom aset kami. jadi, supaya Anda bisa lebih cepat kaya, pei^, niah keterampvan yang diperlukan seorang pemilik bisnis dan investor, dan berusahalah memecahkan problem yang lebih besar... karena di dalam problem besar terdapat peluang finansial yang luar biasa. Itu sebabnya saya menganjurkan terlebih dulu menjadi ”B,” sebelum menjadi ”1.” Kalau Anda pakar memecahkan problem bisnis, Anda akan memiliki cash flow yang banyak dan pengetahuan Anda tentang bisnis akan menjadikan Anda investor yang lebih pandai. Saya sudah sering mengatakannya, tapi tak ada salahnya mengulanginya: Banyak orang memasuki kuadran ”1” dengan harapan investasi akan memecahkan problem finansial mereka. Dalam banyak kasus hal itu tidak terjadi. Berinvestasi hanya memperburuk problem finansial mereka kalau mereka belum menjadi pemilik bisnis yang kuat. Di mana-mana ada problem finansial. Bahkan sekarang pun di dekat Anda ada problem yang menunggu pemecahan.

BERTINDAK 
MEMPELAJARI DUNIA INVESTASI: 
 Sekali lagi, saya menyarankan Anda menjadi seahli investor Tingkat 4 sebelum menjadi investor Tingkat 5 atau 6. Mulailah dengan kecil-kecilan dan teruslah belajar. Setiap minggu sedikitnya lakukan dua di antara beberapa hal di bawah:
  1. Hadiri seminar dan kelas-kelas finansial. (Sebagian besar keber- hasilan saya disebabkan oleh sebuah kursus real estate yang saya ikuti ketika masih muda dengan biaya $385. Kursus itu membuat saya menghasilkan jutaan bertahun-tahun berikutnya karena saya bertindak) 
  2. Carilah tanda "dijual" di perumahan di daerah Anda. Carilah informasi dari wiraniaga yang menangani properti itu. Ajukan pertanyaan seperti: Apakah itu properti investasi? Kalau ya: Apakah properti itu disewakan? berapa biaya sewanya sekarang? Berapa tingkat huniannya? Berapa biaya sewa rata-rata di daerah itu? Berapa biaya perawatannya? Apakah ada penundaan perawatan? Apakah pemiliknya akan membiayainya? Persyaratan pembiayaan apa yang ditawarkan? Berlatihlah menghitung laporan cash flow bulanan untuk masing-masing properti dan kemudian teliti ulang bersama sang agen properti untuk melihat apakah ada yang terlupa. Setiap properti adalah sistem bisnis yang unik dan harus dilihat sebagai sistem bisnis individual. 
  3. Temui beberapa pialang saham dan dengarkan saran mereka tentang saham perusahaan yang sebaiknya dibeli. Lalu pelajari perusahaan itu di perpustakaan atau melalui internet. Hubungi perusahaan itu dan mintalah laporan tahunan mereka. 
  4. Jadilah pelanggan buletin investasi dan pelajarilah. 
  5. Teruskan membaca, mendengarkan rekaman audio & video, menonton program finansial di tv, dan mainkan CASHFLOW. 
MEMPELAJARI DUNIA BISNIS:
  1. Temui beberapa pialang bisnis untuk melihat bisnis apa saja yang dijual di daerah Anda. Hanya dengan mengajukan pertanyaan dan mendengarkan, Anda akan mempelajari banyak istilah. 
  2. Hadiri seminar pemasaran jaringan untuk mempelajari seluk-beluk sistem bisnis itu. (Saya menganjurkan Anda meneliti sedikitnya tiga perusahaan jaringan pemasaran yang berbeda) 
  3. Hadiri konvensi peluang bisnis atau pameran perdagangan di daerah Anda untuk melihat usaha waralaba atau sistem bisnis apa yang tersedia. 
  4. Jadilah pelanggan surat kabar dan majalah bisnis. 
Rahasia Mengatasi Masalah Keuangan atau Finansial. Langkah Ke 5 adalah Mencari Pembimbing Finansial Yang Tepat.

Komentar