Prinsip Penting Dalam Proses Penjualan Yang Sukses

Prinsip Penting Dalam Penjualan (Marketing)


Prinsip Dasar Penjualan. Dalam dunia penjualan ada 4 aspek yang perlu di perhatikan dan merupakan suatu hal yang penting dalam suksesnya penjualan. Yuk simak uraian berikut :

Prinsip Dasar Penjualan


Selling is a Proces (Penjualan adalah Proses)

Sama  halnya dengan aktivitas lain, penjualan adalah sebuah proses. Penjualan adalah mata rantai dari kegiatan-kegiatan lain. Jika Anda menjalankan rangkaian kegiatan dengan benar, atau jika Anda menjalankan setiap tahap dalam proses penjualan dengan benar, Anda memiliki kesempatan besar untuk dapat menjual dengan lebih baik.

Selling is A Number Game (Penjualan adalah permainan Angka)

Sebenarnya, penjualan didasarkan atas Hukum Rata-rata. Lebih banyak prospek, lebih besar kesempata Anda. Lebih banyak pelanggan yang Anda temui, lebih besar peluang Anda. Lebih banyak Anda menawarkan, lebih besar kemungkinan Anda melakukan closing. Lebih banyak pelanggan bahagia yang Anda miliki, lebih besar kesempatan bagi Anda untuk memperoleh referensi dari mereka. Ini hanya masalah "semakin banyak... semakin baik".

Selling is all about having good interpersonal communication & relationship.

Penjualan adalah masalah kemampuan komunikasi dan membina hubungan. Kita adalah makhluk sosial. Kita membuat keputusan lebih karena emosi di bandingkan rasional. Ilustrasi alasan-alasan seseorang menjadi nasabah asuransi jiwa :
1. Membeli karena perusahaannya : 20%
2. Membeli karena produksinya  : 20%
3. Membeli karena agen asuransinya : 60%

Dapat diambil kesimpulan bahwa  seseorang membeli dari Anda sangat tergantung dari apakah mereka suka atau tidak kepada Anda, menghargai Anda, Mempercayai Anda, merasa memiliki kewajiban membeli dari Anda (karena Anda begitu baik suka menolong, dia berhutang budi dengan Anda. Dia juga merupakan teman baik Anda atau ayah/suami Anda, dan alasan lain-lain). Ini karena interaksi yang Anda bangun dan masalah komunikasi pribadi dengannya.

Selling is all about discipline

Penjualan adalah masalah disiplin. Inilah perbedaan antara penjual sukses dan penjual yang tidak sukses. Successfull sales people have learnt to do well the things that unsuccessfull sales people do not like to do.
Sudah bukan rahasia lagi, penjual yang sukses lebih disiplin dan mereka tetap mengerjakan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan (walaupun kadang-kadang mereka tidak menyukainya). Di sisi lain, penjual yang tidak sukses akan mencoba mencari 1.001 alasan untuk menghindar dari pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan, karena mereka tidak suka mengerjakan hal tersebut. Sales is often a case of doing what you have to do, not only what you like to do.

Demikian gambaran secara garis besar tentang Prinsip Penting Dalam Penjualan. Artikel selanjutnya akan di kupas lebih terperinci. Jika Anda bisa melakukan 4 Tahap tersebut diatas dengan Benar, Anda bisa rasakan hasilnya untuk masa-masa mendatang.

Komentar